Abstrak Makalah Seminar Ekonomi Kreatif – PERHEPI

ADOPSI TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA OLEH USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SURAKARTA

Setyowati Nuning, Irianto Heru, Widadie Fanny, Sulistyo, M.E

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan adopsi teknologi sosial media dan mengidentifikasi tingkatan adopsi TSM oleh UMKM di Surakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data menggunakan teknik survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 120 responden, sebanyak 68 responden (56.67%) telah menggunakan TSM dan sebanyak 52 responden (43,33%) belum menggunakan. Jenis UMKM yang paling banyak menggunakan TSM adalah konveksi (24 UMKM) dan yang paling sedikit adalah meubelair (4 UMKM). Rata-rata tingkatan adopsi teknologi sosial media oleh UMKM di Kota Surakarta sampai pada tahap “interest” yaitu UMKM tertarik atau berminat menggunakan TSM dan masih mengumpulkan informasi atau referensi mengenai teknologi sosial media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa UMKM Kota Surakarta berpotensi untuk menggunakan teknologi sosial media karena sebenarnya pelaku UMKM. Untuk itu, diperlukan upaya pemerintah melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pembuatan media online untuk mendukung penggunaan teknologi sosial media oleh UMKM.

Kata Kunci: Adopsi, Teknologi Sosial Media, UMKM, Surakarta

Download: