PKMI – Etika Bisnis dan Lingkungan

PENILAIAN PERILAKU ETIKA BISNIS PERUSAHAAN PADA BEBERAPA KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP *)

Oleh: Nicko Dwi Nurali, Fanny Widadie, Oki Wijaya

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya Malang

ABSTRAK

Fenomena maraknya terjadi pencemaran lingkungan hidup yang dilakukan oleh perusahaan merupakan akibat dari pelaksanaan etika bisnis yang menyimpang. Untuk itu dalam penelitian ini akan mengkaji dan menilai perilaku etika bisnis yang dilakukan para stakeholder perusahaan dalam kaitannya dengan lingkungan. Dengan menggunakan objek penelitian berupa keputusan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan yang mengakibatkan terjadinya kasus pencemaran lingkungan hidup. Diharapkan akan diketahuinya faktor penyebab rusaknya pelaksanaan etika bisnis. Dan kemudian dapat dilakukan perubahan sehingga peristiwa serupa tidak akan terjadi lagi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus historis keputusan bisnis yang dilakukan oleh PT Indorayon Utama, PT Newmont dan PT Lapindo Brantas melalui pengambilan data primer dan sekunde . Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif secara teoritis antara filsafat etika bisnis dan lingkungan serta dalam penilainnya peneliti menerapkan paradigma konstruksionisme dengan asumsi ontologi, epistomologi dan aksiologi.

Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab utama terjadinya kasus pencemaran lingkungan hidup ini adalah penyimpangan pelaksanaan etika bisnis. Dimana pengambilan keputusan bisnisnya memiliki nilai-nilai yang sangat jauh dari nilai filsafat etika. Etika bisnis yang dijalankan tidak selaras dengan teori nilai etika lingkungan. Penyebab penyimpangan etika bisnis ini adalah berkembangnya paham antroposentrisme dan ekonomisme dalam memandang hubungannya dengan alam pada benak individu pelaku bisnis. Dengan demikian pelaksanaan etika bisnis masih berpaham pada falsafah kepedulian lingkungan yang dangkal (shallow edology). Etika bisnis yang masih jauh dalam pelaksanaan nilai-nilai etis-humanistis. Maka dari itu perlu dilakukan rekonstruksi paradigma etika bisnis untuk lebih selaras dengan lingkungan melalui pembelajaran nilai-nilai moral pada pelaku bisnis dan adanya penegakan hukum serta penerapan kode etik perusahaan secara praktis.

Kata kunci : etika, bisnis, lingkungan, falsafah

*) Finalis PIMNAS UNILA Program Kreativitas Mahasiswa Penulisan Ilmiah (PKMI) DIKTI (2007)